Berikut Ini Adalah Perbedaan Jasa Kontraktor Dengan Pemborong

Category : General
Berikut Ini Adalah Perbedaan Jasa Kontraktor Dengan Pemborongby Fitrinion.Berikut Ini Adalah Perbedaan Jasa Kontraktor Dengan PemborongAnda masih dibingungkan dalam memilih jasa yang tepat untuk pembangunan atau merenovasi rumah Anda? Sebenarnya yang perlu Anda ketahui adalah adanya beberapa pilihan yang bisa saja Anda ambil untuk mengerjakan proyek rumah tersebut. Yang mana Anda juga bisa menggunakan penyedia jasa kontraktor ataupun pemborong bangunan untuk proyek membangun atau merenovasi rumah. Lalu, apa sih sebenarnya […]

Anda masih dibingungkan dalam memilih jasa yang tepat untuk pembangunan atau merenovasi rumah Anda? Sebenarnya yang perlu Anda ketahui adalah adanya beberapa pilihan yang bisa saja Anda ambil untuk mengerjakan proyek rumah tersebut. Yang mana Anda juga bisa menggunakan penyedia jasa kontraktor ataupun pemborong bangunan untuk proyek membangun atau merenovasi rumah. Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan yang signifikan dari kontraktor dengan pemborong tersebut, dan apa saja pula pekerjaan yang mereka lakukan? Silahkan Anda simak penjelasan berikut ini :

Ruang Lingkup Kontraktor

Untuk masalah pembangunan dan perenovasian rumah tentu sangat erat hubungannya dengan jasa kontraktor. Tapi apa sih sebenarnya pengertian dari kontraktor itu sendiri? kontraktor adalah orang atau suatu badan hukum dan bisa juga disebut sebagai badan usaha yang dikontrak demi menjalankan proyek pekerjaan yang sesuai dengan isi kontrak yang sudah disepekati oleh si kontraktor dan si pemilik proyek. Jasa kontraktor ini memang sering sekali kita dengar dan lebih sering juga digunakan untuk proyek yang terbilang berskala besar, sebut saja seperti pembangunan real estate, mall atau pusat perbelanjaan, dan pembangunan gedung perkantoran lainnya. Yang mana proyek-proyek bonafit itu seringkali dikerjakan oleh para kontraktor karena adanya beberapa alasan, dan salah satunya adalah dikarenakan mereka merupakan salah satu badan usaha yang sudah memiliki sertifikasi atau lisensi resmi.

Dalam membangun atau merenovasi hunian tempat tinggal, jasa kontraktor sendiri terbilang sangat bisa diandalkan. Terlebih dalam masa pengerjaan proyek tersebut, jasa kontraktor selalu saja menawarkan sesuatu yang lebih diluar dari pengalam nereka sebelumnya. Kelebihannya yaitu, setiap pekerja di dalam kontraktor itiu sendiri sudah memiliki lisensi dan sertifikasi resmi atas keahlian mereka. Proses pembangunan proyek ini pun, kontraktor akan melakukan beberapa kali pertemuan dengan para calon costumernya yang bertujuan untuk memperbincangkan tentang Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan juga Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK) yang secara langsung di survey ke lokasi proyek rumah tersebut..Setelah dilakukan survey secara detail barulah biasanya kontraktor melakukan pengukuran sehingga perhitungan untuk membuat SPK pun terlihat lebih akurat.

Sistem Pembayaran Kontraktor

Pada umumnya sistem pembayaran kotraktor dapat dilakukan dengan dua tahap yaitu sistem termin (bertahap) dan sistem cost and fee :

  1. Sistem Pembayaran Termin, biasanya sistem ini dibagi lagi menjadi 4 tahap yang dibayar sesuai dengan progres dari proyek tersebut. Dan Anda juga diharuskan untuk terlebih dahulu membayar DP sebesar 20-30% dari nilai kontrak. Setelah itu kontraktor akan memulai pekerjaan proyek Anda, dan jika pekerjaan yang dilakukan sudah mencapai 50% maka dilakukan lagi untuk pembayaran ketahap yang selanjutnya sesuai dengan sistem termin yang telah Anda sepekati berdua.
  2. Sistem Pembayaran Cost and Fee, berbeda dengan sistem termin, sistem pembayaran ini dilakukan kontraktor yang bertindak sebagai pengelola proyek yang mana disini kontraktor akan mengambil 10% dari nilai proyek sebagai upahnya. Dan sebelum melakukan perjanjian dengan para costumer, kontraktor diharuskan sudah menyiapkan anggaran dan jadwal sehingga cash flow dari proyek bisa terlihat dan costumer pun bisa mengetahui tentang jumlah anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya. Tentunya jumlah biayanya pun berbeda-beda sebab yang dikerjakan setiap bulannya juga berbeda. Dengan adanya sistem ini, biaya tiap bulannya bisa saja lebih kecil atau lebih besar dari yang sudah di anggarkan. Apabila terdapat sisa dari anggaran, maka sisanya tersebut dapat digunakan untuk bulan depan, dan jika kurang bisa di tagih untuk bulan berikutnya.

Ruang Lingkup Pemborong

Selain penyedia jasa kontraktor, ada satu lagi jasa yang juga dapat Anda gunakan untuk proyek membangun atau merenovasi rumah Anda, yaitu jasa pemborong. Yang mana jasa pemborong ini terdiri dari beberapa pekerja yang sudah mempunyai pengalaman dibidang konstruksi bangunan tempat tinggal. Perbedaan yang sangat menonjol dibandingkan jasa kontraktor adalah pemborong tidak mempunyai izin usaha resmi dan tidak berbadan hukum. Jasa pemborong ini pun pada umumnya hanya di kelola secara individu dan seringkali tidak mempunyai kesepakatan hitam di atas putih dalam artian perjanjian yang dibuat lebih kedalam kesepakatan secara lisan.

Untuk sistem pembayarannya jasa pemborong juga memiliki dua sistem cara yakni sistem pembayaran perhari dan sistem pembayaran borongan. Dan untuk lebih merangkum perbedaan jasa kontraktor dengan jasa pemborong, Anda dapat lihat tabel di bawah ini.

Nah, jika Anda membutuhkan jasa yang terbilang lebih murah, efesien, untuk tempat tinggal Anda, maka Anda dapat menggunakan pelayanan jasa dari Sejasa.com yang tentunya memberikan pelayanan yang sebaik mungkin untuk Anda. Butuh jasa kontraktor dan pemborong yang baik? Di sejasa.com aja!

Author: 

Related Posts

Leave a Reply