Amal Ibadah Yang Perlu di Lakukan Dalam Memasuki Bulan Sya’ban

Category : General
Amal Ibadah Yang Perlu di Lakukan Dalam Memasuki Bulan Sya’banby Fitrinion.Amal Ibadah Yang Perlu di Lakukan Dalam Memasuki Bulan Sya’banDalam memasuki bulan Sya’ban yang jatuh pada hari Kamis (27/4/2017), ada beberapa amal ibadah yang utama dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada semua umat Islam. Seperti yang disebutkan dari hadist shahih, bahwasanya Beliau sering menjalankan ibadah puasa dibulan Sya’ban tersebut. Dan berikut ini adalah salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah adhiallahu ‘anha istri beliau, […]

Dalam memasuki bulan Sya’ban yang jatuh pada hari Kamis (27/4/2017), ada beberapa amal ibadah yang utama dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada semua umat Islam. Seperti yang disebutkan dari hadist shahih, bahwasanya Beliau sering menjalankan ibadah puasa dibulan Sya’ban tersebut. Dan berikut ini adalah salah satu hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah adhiallahu ‘anha istri beliau, tentang amalan apa yang banyak dilakukan pada bulan Sya’ban:

“Belum pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa bulan Sya’ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Bulan Sya’ban sendiri adalah bulan yang yang terdapat pada kalender Islam atau kalender Hijriah yang datang sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Yang mana pada bulan-bulan ini amal ibadah kita akan diangkat oleh Allah SWT sehingga sangatlah baik untuk kita para umat Islam jika saat amal ibadah diangkat itu kaum muslim dalam keadaan berpuasa (kitab Fathul Al Bari). Seperti yang Ibnul Qayyim jelaskan, bahwa hal yang senada dalam kitab Hasyiah Ibnul Qayyim, 12/313 seperti berikut:

“Sesungguhnya amalan dalam setahun akan diangkat pada bulan Sya’ban sebagaimana yang diberitahulkan oleh Ash-Shadiq Al-Mashduq (Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), dan ia adalah bulan diangkatnya amalan-amalan di dalamnya dan aku suka diangkat amalanku dalam keadaan aku berpuasa”(Hasyiah Ibnul Qayyim, 12/313).

Hikmah lain yang bisa kita dapat di bulan Sya’ban ini adalah kita dapat membiasakan diri kita terlebih dahulu untuk menyambut bulan Ramadhan nanti yang mana pada saat itu semua umat muslim menjalani ibadah puasa. Jadi dari segi kesehatan pun tentunya puasa di bulan Sya’ban ini sangat baik untuk anda untuk melatih pencernaan anda dari sekarang agar di saat puasa di bulan Ramadhan nanti sistem pencernaan anda tidak dikagetkan untuk berpuasa.

Dan tentu saja untuk waktunya pun sangat baik untuk berpuasa di bulan Sya’ban saat dilakukan dipertengahan bulan yakni, pada tinggal 13,14,15 atau yang biasa disebut puasa Ayyamul bidh. Sama juga halnya dengan berpuasa Senin Kamis atau seperti melakukan puasa Daud yaitu sehari puasa dan sehari tidak. Semoga bermanfaat.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply